DESIGNED BY MIXWEBTEMPLATES
Selamat datang di website Pengadilan Agama Sleman. Media transparansi dan informasi Peradilan Agama. // // Untuk kemudahan informasi perkara anda, gunakan layanan SMS perkara sesuai format

Tata Cara Pengaduan

MEKANISME PENGADUAN MASYARAKAT

 

Di dalam melaksanakan kegiatan pelayanan publik, Pengadilan Agama Sleman kadang kala tidak selalu dapat memenuhi harapan masyarakat, khususnya para pencari keadilan. Bila hal ini terjadi, bisa menimbulkan ketidakpuasan dan keluhan dari masyarakat. Sesuai dengan SK KMA-RI No. 144/KMA/SK/VIII/2007 bahwa terdapat Hak yang dimiliki oleh masyarakat pencari keadilan dan SK KMA RI NO. 076/KMA/SK/VI/2009 bahwa terdapat Hak yg dimiliki oleh Pelapor dan Terlapor Pengaduan, maka Pengadilan Agama Sleman akan siap menampung Pengaduan dari Masyarakat dan berupaya mencari solusi penyelesaian terbaik sesuai dengan mekanisme pengaduan yang ada.

 

Cara menyampaikan pengaduan ke Pengadilan Agama Sleman

A.       Secara lisan

- Melalui telepon (0274) 868201, yakni pada saat jam kerja mulai pukul 07.30 s/d 16.00WIB

- Datang langsung ke kantor Pengadilan Agama Sleman.

 

B.       Secara tertulis

        - Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada pimpinan dalam hal ini Ketua Pengadilan Agama Sleman, dengan cara diantar langsung, dikirim melalui faximile (0274) 864287, atau melalui pos ke alamat kantor di Jalan Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman, Komplek Pemda Sleman.

      -  Melalui e-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya atau website Pengadilan Agama Sleman dengan klik tautan ini.

      - Pengaduan secara tertulis wajib dilengkapi fotokopi identitas dan dokumen pendukung lainnya seperti dokumen lainnya yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan.

 

Penerimaan Pengaduan oleh Pengadilan Agama Sleman

1.        Pengadilan Agama Sleman akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis.

2.        Pengadilan Agama Sleman akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan.

3.        Pengadilan Agama Sleman akan memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis.

4.        Pengadilan Agama Sleman hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor.

Hal-hal yang perlu diadukan dan yang akan diproses dalam menu pengaduan di Pengadilan Agama Sleman adalah sebagai berikut :

  • Pelayanan
  1. Pelayanan proses berperkara di Pengadilan Agama Sleman;
  2. Pelayanan persidangan di Pengadilan Agama Sleman;
  3. Mal administrasi yaitu terjadi kekeliruan, kesalahan atau kelalaian yang bersifat adminstrasi;
  • Pelanggaran
  1. Pelanggaran disiplin kerja pegawai Pengadilan Agama Sleman;
  2. Pelanggaran  pelaksanaan tugas pejabat Pengadilan Sleman;
  3. Perselisihan/pertengkaran yang menyangkut petugas / pegawai pengadilan;
  4. Pelanggaran hukum acara, baik yang dilakukan dengan sengaja atau kelalaian dan ketidak pahaman;
  • Pungutan Liar
  • 1.Pungutan Liar oleh Petugas di kantor Pengadilan Agama Sleman;
  • 2.Pungutan Liar oleh Petugas di Luar Kantor Pengadilan Agama Sleman.

 

http://www.pa-wonosari.net/images/stories/alur_jangka_pemeriksaan_.jpg

 

TOP